Hukum Shalat Qabliyyah sebelum Masuk Waktu Shubuh

 

Hukum Shalat Qabliyyah sebelum Masuk Waktu Shubuh

Di sebagian daerah di Sragen dan sekitarnya, banyak muslimin dan muslimat yang mengerjakan shalat sunat qabliyyah shubuh sebelum masuk waktu shubuh.

Mereka beranggapan bahwa jika shalat sunah fajar atau qabliyyah shubuh tersebut memang shalat yang dikerjakan sebelum masuk waktu shubuh. Namun pada kenyataanya, ketika praktik tersebut diingatkan oleh sebagian ustadz, mereka justru menyalahkan ustadz tersebut.

Baca juga: HUKUM MENJUAL KULIT HEWAN QURBAN DALAM PANDANGAN FIQIH

Hukum Shalat Qabliyyah sebelum Masuk Waktu Shubuh

 Pertanyaan

  1. Mohon kesepakatan, benarkah apa yang dilakukan oleh masyarakat tersebut yang mengerjakan shalat qabliyyah sebelum masuk waktu shubuh?

Jawaban:

Tidak benar.

Berikut ini adalah dasar hukum tidak diperbolehkannya melaksanakan sholat qobliyyah shubuh, namun sebelum masuk waktu sholat shubuh:

(المهذب – (ج 1 / ص 83

وما لا تسن له الجماعة فضربان راتبة بوقت وغير راتبة فأما الراتبة فمنها السنن الراتبة مع الفرائض وأدنى الكمال منها عشر ركعات غير الوتر وهي ركعتان قبل الظهر وركعتان بعده وركعتان بعد المغرب وركعتان بعد العشاء وركعتان قبل الصبح والأصل فيه ما روى بن عمر رضي الله عنه قال صليت مع رسول الله صلى الله عليه وسلم قبل الظهر سجدتين وبعدها سجدتين وبعد المغرب سجدتين وبعد العشاء سجدتين وحدثتني حفصة بنت عمر رضي الله عنها أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يصلي سجدتين خفيفتين إذا طلع الفجر والأكمل أن يصلي ثماني عشرة ركعة غير الوتر ركعتين قبل الفجر وركعتين بعد المغرب وركعتين بعد العشاء لما ذكرناه من حديث ابن عمر رضي الله عنه وأربعا قبل الظهر وأربعا بعدها لما روت أم حبيبة رضي الله عنها أن النبي صلى الله عليه وسلم قال من حافظ على أربع ركعات قبل الظهر وأربع بعدها حرم على النار وأربعا قبل العصر لما روى علي بن أبي طالب كرم الله وجهه أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يصلي قبل العصر أربعا يفصل بين كل ركعتين بالتسليم على الملائكة المقربين والنبيين ومن معهم من المؤمنين والسنة فيها وفي أربع قبل الظهر وبعده أن يسلم من كل ركعتين لما رويناه من حديث علي كرم الله وجهه أنه كان يفصل بين كل ركعتين بالتسليم وما يفعل قبل هذه الفرائض من هذه السنن يدخل وقتها بدخول وقت الفرض ويبقى وقتها إلى أن يذهب وقت الفرض وما يفعل بعد الفرض يدخل وقتها بالفراغ من الفرض ويبقى وقتها إلى أن يذهب وقت الفرض لانها تابعة للفرض فذهب وقتها بذهاب وقت الفرض

Demikian sekilas infromasi mengenai hukum melakukan Shalat Qabliyyah sebelum Masuk Waktu Shubuh. Semoga bermanfaat, salam.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *